Selasa, 27 November 2012

Khayalan Ku . . .


saya penggemar serial kartun dan komik Doraemon, maka saya menginginkan benda khayalan bernama pintu kemana saja. Sebuah benda hasil imajinasi seseorang bernama Fujiko F Fujio dari Jepang, yang memiliki keistimewaan dapat membuat penggunanya menuju suatu tempat dimana saja dengan hanya membuka sebuah pintu.
Seandainya pintu kemana saja adalah sebuah benda yang bisa dibeli di makro, carefour,  giant dan supermarket lain maka ada kemungkinan saya adalah orang pertama yang membelinya. seandainya saya memilikinya maka saya bisa pergi kemana saja tanpa harus melakukan perjalanan jauh tanpa harus menghadapi kemacetan juga.
Ketika saya mau berangkat kerja tanpa harus mengahadapi kemacetan kota Bekasi dan Ibukota Jakarta ini sering saya dan suami harus bangun pagi sekitar jam 4 pagi agar tidak terkena macet sampe kantor klo jalan jam 4 pagi bisa cepat sampe kantor tapi kalo berangkat kesiangan ampun macet nya gak ketulungan begitu juga waktu pulang kerja lebih parah dalam menghadapi kemacetan ini.….
Seandainya Pintu kemana saja benar-benar ada, alangkah enaknya.



Tugas 1
Pengantar Telematika
Dosen Agung Putra

Peranan Penting Internet dalam Wawasan Perkembangan Telematika


Semakin berkembangnya jaman teknologi telematikapun semakin bekembang pesat, dimana telematika diawali pada tahun 1962, ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat
melakukan riset penggunaan teknologi komputer untuk kepentingan pertahanan udara AmerikaSerikat. Melalui lembaga risetnya yaitu Advanced Research Project Agency (ARPA) menugasithe New Information Processing Techniques Office (IPTO), yaitu suatu lembaga yang diberi tugas untuk melanjutkan riset penggunaan teknologi komputer di bidang pertahanan udara. Selanjutnya pada tahun 1969 Departement Pertahanan Amerika Serikat menemukan sebuah teknologi yang esensinya memadukan teknologi telekomunikasi dengan komputer yang dikenal dengan nama ARPANet (Advanced Research Projects Agency Network) yaitu system jaringan melalui hubungan antar komputer di daerah-daerah vital dalam rangka mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir.
Keberhasilan dalam memadukan teknologi tersebut atau yang dikenal dengan istilah teknologi informasi (information technology) pada tahun 1970 mulai dimanfaatkan untuk keperluan non-militer oleh berbagai universitas. Pada dekade inilah sebenarnya manusia telah
memasuki era baru yaitu melalui perkembangan teknologi informasi telah dimanfaatkan manusia hampir di semua aspek kehidupan.
Berpadunya globalisasi dan kemajuan teknologi bidang informasi dan komunikasi, telah mendorong munculnya jenis-jenis transaksi bisnis yang baru dan secara berangsur cara-cara bisnis yang lama ditinggalkan. Bukan saja bisnis menjadi semakin maju, tetapi juga jenis-jenis transaksinya makin banyak, makin canggih dan makin cepat proses penyelesaiannya. Di pihak lain hal ini tentunya ekses negatif yang timbul tidak dapat dihindari, karena dapat memunculkan jenis-jenis kejahatan bisnis (business crime) baru, dan menimbulkan persoalan lain seperti pelanggaran privacy, pornography, counterfeiting, defamation, hackers, drug cartel, cyberquatting, international money laundering. Sedangkan dari sisi hukum, berkembangnya kegiatan teknologi informasi menimbulkan persfektif dalam cabang ilmu hukum antara lain, hukum perdata, pidana, tata negara, administrasi negara dan internasional, dan dari perspektif spesialisasi bidang hukum adalah hukum pasar modal, perbankan, hak atas kekayaan intelektual, dan pajak.
Perkembangan teknologi informasi terakhir, khususnya ledakan informasi dalam dunia maya atau telematika (cyberspace) dan internet membawa perubahan ke segala aspek kehidupan manusia, pendidikan, hiburan, pemerintahan, dan komunikasi. Istilah telematika menunjuk kepada sebuah ruang elektronik (electronic space), yakni sebuah masyarakat virtual yang terbentuk melalui komunikasi yang terjalin dalam sebuah jaringan komputer (interconnected computer networks).Hampir setiap kali berbicara mengenai teknologi informasi, maka sulit dipisahkan dengan persoalan jaringan(net). Dewasa ini dikenal dengan istilah internet, intranet dan ekstranet. Dalam perkembangannya internet mempunyai peran penting secara umum, peran penting internet tersebut dalam perkembangan telematika, antara lain:
  1. Distribusi geografis mencakup seluruh dunia, pada saat masuk dalam jaringan maka dapat berkomunikasi dengan siapapun di seluruh dunia.
  2. Memperlihatkan arsitektur yang kuat, karena merupakan jaringan kerja dan tidak terdapat pusat kontrolnya.
  3. Kecepatan beroperasinya sesuai waktu yang sesungguhnya (real time speed).
  4. Aksesnya bersifat universal, siapapun dapat menghubungkan diri dengan jaringan internet.
  5. Memberikan kebebasan berbicara, tidak ada larangan untuk berpendapat dan berbicara.




Tugas 1
Pengantar Telematika
Dosen Agung Putra

Pengertian “TELEMATIKA”



1.     Telematika diambil dari bahasa Perancis TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan dengan :

          “Bertemunya jaringan komunikasi dengan telnologi informasi” dari TELEMMATIQUE tersebut kemudian menjadi TELEMATICS dalam bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari : TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” dimana hal ini adalah perpaduan dari konsep : Computing and Communication.

2.  Telematika menurut Moedjiono (Deputi Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) ) :

“Telematika” adalah istilah bahasa Indonesia yang kita (stakeholders) create sendiri, yaitu merupakan konvergensi dari Tele=”Telekomunikasi”, ma=”Multimedia” dan tika=”Informatika”, atau konvergensi dari “3C”, “content”, “Computing”, and “Communication”.

3.         Sementara itu Telematika pada Mata Kuliah Hukum Telematika Universitas Indonesia tertulis sebagai berikut :

Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.



4.         Sementara itu definisi asli dari TELEMATIC (WIKIPEDIA) :

The integrated use of telecommunications and informatics, also  known as ICT (Information and Communications Technology). More specifically it is the science of sending, receiving and storing information via telecommunication devices. “
pada saat ini ilmu Telematika banyak dipergunakan untuk peralatan komunikasi antara perangkat keras yang satu dengan yang lain dengan menggunakan tehnologi nir kabel, untuk fungsi-fungsi telematika seperti ini sering dipergunakan untuk : pengaksesan internet, pengiriman /penerimaan email,download digital audio dan video, maupun untuk navigasi (GPRS) yang menghubungkan antara perangkat handphone,pda,car system dengan komputer.

Hal yang disebutkan diatas adalah beberapa tehnologi/perangkat dengan bantuan “TELEMATIKA” dan masih banyak hal-hal yang lain yang dapat dilakukan lagi. Industri Telmatika tidak dapat dibatasi, beberapa hal lain yang sedang dikembangkan dan dipelajari dengan tehnologi Telematika adalah : polusi air dan udara,informasi kesehatan dan hal-hal lainnya lagi. Adanya perbedaan antara ilmu “Telematika” dengan “Telematique” seharusnya tidak membuat kita menjadi bingung karena kerancuannya, akan tetapi perbedaan ini harus membuat kita semakin giat untuk belajar, mengexplorisasi tentang ilmu ini, sehingga kita sebagai generasi baru untuk negara ini tidak menjadi tertinggal dari orang-orang yang lain.





Tugas 1
Pengantar Telematika
Dosen Agung Putra

Sabtu, 17 November 2012

DAFTAR RIWAYAT HIDUP/CURRICULLUM VITAE

Data Pribadi

Nama                           : Sumarti Ningsih
Jenis kelamin                : Perempuan 
Tempat, tanggal lahir     : Jakarta, 10 Maret
Kewarganegaraan        : Indonesia
Status perkawinan        : Menikah
Tinggi, berat badan       : 160 cm, 46 kg
Agama                         : Islam 
Alamat lengkap             : Jln. Pulo Dana 1 No.23 Kelapa Gading Jakarta Utara
Telepon, HP                 : 021 – 88765xx HP = 085232289xxx
E-mail                          : cece.ningsih@yahoo.com
Pendidikan
» Formal

1989 – 1995
1995 – 1998
1998 – 2001
2002 – 2006
: SDN Bangkit Mulia 01
: SMPN Kelapa Gading Mulia 01
: SMUN 80 Jakarta Selatan
: Program Diploma (D-3) Manajemen Informatika
  STI&K STMIK Jakarta
    2011 -  ....                : Program Sarjana (S-1) Sistem Informasi
                                       Universitas Gunadarma
» Non Formal

1998 – 1999
1999 – 2002
: Kursus Komputer di Widyaloka, Jakarta Utara
: Kursus Bahasa Inggris di Duta Bahasa, Jakarta Utara
Kemampuan
  1. Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS Power Point, MS Access, MS Outlook).
  2. Kemampuan Internet.
Pengalaman Kerja
Bekerja di PT.Panin Bank (ANZ)
Periode
Status
Posisi
: Mei 2007 – Oktober 2008
: Ousorcing
: TBO
Uraian singkat pekerjaan :

  • Menelpon para nasabah untuk meminta dokumen.
  • Membuat laporan data nasabah
  • Fotocopy dokumen nasabah.
Bekerja di Kementerian Pertahanan RI
Periode
Status
Posisi
: Desember 2008 – Sekarang
: PNS
: Staf Subdit Serasi Litbang Ditrenbanghan
Uraian singkat pekerjaan :

  • Turut membantu pembuatan laporan keuangan perusahaan
  • Mengatur jadwal pertemuan bisnis, pertemuan internal, dan perjalanan bisnis.
  • Melakukan surat-menyurat bisnis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris (via internet maupun non internet).
Berikut target dan impianku untuk 2013 :
  1. Ingin jadi orang yang termasuk dalam kelompok “manusia yang tau bersyukur” dengan cara menambah kualitas ibadah, rajin berinfaq dan shodaqah.
  2. Sabar lebih ditingkatkan.
  3. Ingin cepat menyelesaikan/lulus S-1.
  4. Merespon masalah dengan mendahulukan pemikiran posistif.
  5. Membangun jalinan silahturahmi, komunitas dan persahabatan dalam rangka pencapaian target VISI 2013.
  6. Menjadi seorang mama dan istri yang dapat dibanggakan oleh keluarga, seperti juga aku bangga memiliki mereka yaitu papa dan kakak mercy.
  7. Menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga (supaya enggak gendut…).
  8. Terus mengasah disiplin ilmu sehingga dapat bernilai ekonomis yang tinggi.

Jakarta, 17 November 2012
Sumarti Ningsih


Tugas 2
Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar
Dosen Wahyu Prakoso

CONTOH RIWAYAT HIDUP


DAFTAR RIWAYAT HIDUP
TENAGA AHLI PENYUSUN



1.     Nama                                        :     Rambat Lupiyoadi

2.     Tempat/tanggal lahir                  :     Demak, 28 Pebruari 1971

3.     Warga Negara                           :     Indonesia

4.     Pendidikan                                 :    
·         1990 – 1995      Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jurusan Manajemen
·         1997 – 2000      Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

5.     Keanggotaan Profesi                   :    
·         -

6.     Kursus-kursus yang diikuti          :    
·   Pembicara/Instruktur pada Lokakarya Pengelolaan Lembaga Pendidikan Tinggi, diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran UI, Oktober 1995
·      Peserta pada Seminar Environment Management System : ISO 14001, Staffordshire University UK, Jakarta, 1996
·      Peserta pada Pelatihan Komputer Bisnis: Sistem Perencanaan Keuangan Terpadu, Laboratorium Komputasi FEUI, 1997
·         Peserta pada Program Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Intruksional (Problem Based Learning), P4T UI, 1997
·         Peserta pada Strategic Management Workshop, Program Magister Manajemen Teknologi ITB-LETMI ITB, Jakarta, Juli 1997
·         Peserta pada Certifield Education Program on Competitive Marketing 2000, MarkPlus International, Financial Club Niaga Tower, Jakarta, 13-30 Juli 1998
·         Peserta pada Lokakarya Pengajaran Ekonomi Islam di Perguruan Tinggi, TAZKIA Institute, 1999
·         Peserta pada Perkemahan Riset Pemasaran : The Right Way of Doing Powerful Marketing Research,  Frontier, Bogor, 7-9 Pebruari 2001
·         Peserta pada Expert Consultation Forum Quality Standard Based on the Islamic Perspective, IKIM, Kuala Lumpur, Malaysia, November 2000
·         Peserta pada Kunjungan Studi Banding Institusi Ekonomi Islam, Malaysia & Singapura, November 2000
·         Peserta pada Workshop Metode Simulasi dan Games dalam Pengajaran Manajemen Pemasaran, LSM FEUI, Depok, 14-15 Maret 2001
·         Trainer pada Workshop Manajemen Fund Raising, Institute Manajemen Zakat (IMZ) Dompet Dhuafa Republika, Jakarta, 2000 – sekarang
·         Trainer dan Konsultan pada Shariah Economics Banking Institute (SEBI), Jakarta, 1999 – sekarang.
·         Pembicara/Trainer pada Kursus Pimpinan PT. Telkom, Bandung, 2001
·         Peserta pada Seminar dan Simposium Nasional Sistem Ekonomi Islami, UII-BI, Yogyakarta, 2002
·         Pembicara pada Seminar Regional Bisnis Islami, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, 2002
·         Fasilitator pada Training Kewirausahaan Staf Bank Bukopin se Indonesia, LM FEUI, 2002
·         Workshop Leader pada Pelatihan Service Excellence (Pelayanan Prima), PE FEUI, 2003
·         Trainer pada Workshop Koperasi dan Kewirausahaan, UIN Jakarta, 2003
·         Pelatihan Aplikasi Structural Equation Model (SEM) pada Riset Kepuasan Pelanggan, LSM FEUI, 2003
·         Pembicara pada Seminar Service Quality and Customer Satisfaction Measurement, STIE Kusuma Negara, 2003
·         Pembicara pada Pelatihan Customer Satisfaction Measurement, MUC (Multi Utama Consulting), 2004

7.     Pengalaman kerja                      :    
·         Asisten Peneliti LPEM FEUI, 1993
·         Redaktur Pelaksana Jurnal Media Eksekutif PE FEUI, 1998/1999
·         Staf Ahli Pimpinan PE FEUI, 1999-sekarang
·         Staf Pengajar PE FEUI, D3 Akuntansi FEUI, Jur. Manajemen FEUI dan MM UI, 1996-sekarang
·         Konsultan Manajemen PT. BIMU, 2000
·         Managing Director IsMark Consulting, 2001/2002
·         Konsultan SEBI (Shariah Economic Banking Institute), 1999-sekarang
·         Editor Pelaksana Jurnal Manajemen Indonesia PPs Ilmu Manajemen FEUI, 2002
·         Wakil Kepala Bidang Akademik Program Pasca Sarjana FEUI, 2000/2001
·         Konsultan dan Peneliti Lab Studi Manajemen FEUI, 2000-sekarang
·         Peneliti, pada Euromonitor International (Asia), Singapura, 2002
·         Kepala/Direktur Lab. Studi Manajemen FEUI, 2002/2003
·         Asisten Presiden Direktur McDonald’s Indonesia, 2004-sekarang

8.     Pengalaman Mengajar :
Tahun
Universitas
Mata Kuliah
1996-sekarang
Program Extension FEUI
Pengantar Bisnis
Pengantar Manajemen
Kewirausahaan
Metode Penelitian Bisnis
Manajemen Stratejik
Seminar Bisnis
1999-sekarang
Jurusan Manajemen FEUI
Manajemen Stratejik
Pemasaran Jasa
Manajemen Pemasaran
Manajemen Produk dan Harga
Manajemen Distribusi
1998-sekarang
Program D3 Akt FEUI
Pengantar Bisnis
Pengantar Manajemen
Asuransi
2002/2003
Magister Psikologi UI
Manajemen Stratejik
2002/2003
Magister Manajemen
(MM FEUI)
Manajemen Produk dan Harga

9.     Proyek Penelitian dan Konsultansi      :          

1.   
Waktu Pelaksanaan
:
2003/2004

Pemberi  Tugas
:
Lab Studi Manajemen FEUI

Penugasan/Jabatan
:
Team Leader

Pekerjaan
:
Benchmark & Market Standing Survey Pusat Perbelanjaan Modern di Jakarta




2.   
Waktu Pelaksanaan
:
2003/2004

Pemberi  Tugas
:
Lab Studi Manajemen FEUI

Penugasan/Jabatan
:
Peneliti Senior

Pekerjaan
:
Proyek Penelitian Diversifikasi dan Produk Unggulan IRTKM Kab. Ke. Riau




3.   
Waktu Pelaksanaan
:
2002/2003

Pemberi  Tugas
:
Jurusan Manajemen FEUI

Penugasan/Jabatan
:
Team Leader

Pekerjaan
:
Riset Kualitas Jasa dan Kepuasan Mahasiswa Jurusan Manajemen FEUI




4.   
Waktu Pelaksanaan
:
2003

Pemberi  Tugas
:
PT Telkomsel

Penugasan/Jabatan
:
Team Leader

Pekerjaan
:
Proyek Penelitian Building Corporate Image PT. Telkomsel




5.   
Waktu Pelaksanaan
:
2003

Pemberi  Tugas
:
PT Telkomsel

Penugasan/Jabatan
:
Tim Konsultan

Pekerjaan
:
Workshop Kompetensi Finance, PT. Telkomsel




6.   
Waktu Pelaksanaan
:
2002

Pemberi  Tugas
:
FEUI

Penugasan/Jabatan
:
Tim Perumus

Pekerjaan
:
Sistim Kompensasi Staf Pengajar FEUI




7.   
Waktu Pelaksanaan
:
2002

Pemberi  Tugas
:
Euromonitor International (Asia), Singapura

Penugasan/Jabatan
:
Team Leader

Pekerjaan
:
Riset Strategi Distribusi Household & Consumer Product di Indonesia




8.   
Waktu Pelaksanaan
:
2002

Pemberi  Tugas
:
PT. Unilever Indonesia (RBI)

Penugasan/Jabatan
:
Manajer Proyek/Koordinator Riset

Pekerjaan
:
Survey dan Pemetaan Outlet Tradisional




9.   
Waktu Pelaksanaan
:
2001

Pemberi  Tugas
:
Program Pasca Sarjana FEUI

Penugasan/Jabatan
:
Team Leader

Pekerjaan
:
Penyusunan Self Evaluation Program Pasca Sarjana FEUI




10.   
Waktu Pelaksanaan
:
2001

Pemberi  Tugas
:
LSM FEUI-Kantor Bappeda Depok

Penugasan/Jabatan
:
Manajer Proyek/Koordinator Riset

Pekerjaan
:
Pengkajian Ekonomi Mikro (PKL) di Kota Depok






11.   
Waktu Pelaksanaan
:
2000/2001

Pemberi  Tugas
:
PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Jakarta

Penugasan/Jabatan
:
Manajer Proyek/Koordinator Riset

Pekerjaan
:
Penelitian Kepuasan Tenant PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Jakarta




12.   
Waktu Pelaksanaan
:
2000

Pemberi  Tugas
:
PT. INKA Madiun

Penugasan/Jabatan
:
Konsultan Manajemen

Pekerjaan
:
Proyek Transformasi Budaya Perusahaan




13.   
Waktu Pelaksanaan
:
1999

Pemberi  Tugas
:
Lembaga Pengabdian Masyarakat UI

Penugasan/Jabatan
:
Project Officer

Pekerjaan
:
UI Job Expo ’99




14.   
Waktu Pelaksanaan
:
1993

Pemberi  Tugas
:
Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEUI

Penugasan/Jabatan
:
Anggota Tim Peneliti

Pekerjaan
:
Penelitian ‘The Prospect of Automotive Market and Factors Affecting Consumer Behavior on Purchasing Car

10.  Karya Tulis                                :    

Tidak Diterbitkan :
1.     Tuntutan Tanggung Jawab Sosial dan Etika Bisnis terhadap Manajemen dalam Konteks Perubahan, Pemenang LKTEN SMFEUI-RCTI, 1993.
2.     Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Kerugian Pasca Undang-Undang Perasuransian 1992 dengan Analisa Rasio Early Warning System (EWS) untuk Formulasi Kebijakan Keuangan: Studi Kasus PT.TPI, Skripsi S1 FEUI, 1995.
3.     Analisis Pengaruh Kinerja Jasa Perguruan Tinggi terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Perilaku Purna Penggunaan Jasa, Tesis PPS FEUI, 2000.
4.     Studi tentang Strategi Distribusi Household & Consumers Product di Indonesia, 2002.
5.     Kualitas Jasa dan Kepuasan Mahasiswa Jurusan Manajemen FEUI, 2002/2003.
6.     Diversifikasi dan produk Unggulan IRTKM Kab. Ke. Riau, 2003/2004.
7.     Benchmark & Market Standing Survey Pusat Perbelanjaan Modern di Jakarta, 2003/2004.

Artikel :
1.     Rekayasa Keuangan: Upaya Mengantisipasi Pergeseran Paradigma Manajemen Keuangan, Majalah Manajemen & Usahawan Indonesia, LM FEUI, 1995.
2.     Perubahan Peran Manajemen Puncak Menuju Organisasi Organisasi, Majalah Manajemen & Usahawan Indonesia, No. 07/Th.XXVIII/Juli 1999.
3.     Disain Struktur yang Mendukung Kewirausahaan Organisasi, Majalah Manajemen & Usahawan Indonesia, No. 06/Th. XXVIII/Juli 1999.



Buku :
1.     Konsep Asuransi Takaful : Wacana Islam dan Kapitalis, dalam Buku Wawasan Ekonomi dan Islam : Sebuah Bunga Rampai, Prof.dr.MK. Tadjudin dkk, Lembaga Penerbit FEUI, 1997.
2.     Wawasan Kewirausahaan : Cara Mudah Menjadi Wirausaha (Bersama Ir. Jero Wacik, SE), diterbitkan oleh Lembaga Penerbit FEUI, 1998.
3.     Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik, Penerbit Salemba Empat, 2001.
4.     Riset Pemasaran Kontemporer (Terjemahan: Contemporary Marketing Research), Penerbit Salemba Empat, 2001.
5.     Dasar-dasar Pemasaran (Terjemahan: Basic Marketing), Penerbit McGraw-Hill, 2004 (dalam proses cetak).
6.     Entrepreneurship : from Mindset to Strategy, 2004, Lembaga Penerbit FEUI, 2004.

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan benar dan penuh rasa tanggung jawab.



Jakarta, 16 Juni 2004
Rambat Lupiyoadi





Tugas 1
Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar
Dosen Wahyu Prakoso